October 24, 2017

Sandi Akan Perbaiki Rapor Keuangan DKI Yang Kurang Memuaskan Selama Periode Jokowi - Ahok

Sandiaga Uno (sumbe foto: studentpreneur.co)
Gema Indonesia - Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno bertekad akan memperbaiki sistem keuangan di Pemprov DKI Jakarta dengan mengubahnya dengan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Diketahui Laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta sejak 2013 di bawah kepemimpinan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) selalu mendapat opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini ini menurut Wakil Gubernur Sandiaga Uno suatu yang sangat ironis mengingat DKI Jakarta sudah memiliki sistem transparansi keuangan yang bagus.

Sandi mengakui hal ini merupakan tugas berat dan dirinya diberi kepercayaan oleh Anies dalam memimpin proses perubahan opini tersebut. 

"Empat tahun terakhir Jakarta tidak pernah WTP, saya ditugaskan mimpin proses WTP. Golnya adalah kita (Pemprov DKI) WTP di tahun 2017, luar biasa beratnya," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/10/17).

Apalagi dalam laporan keuangan tahun 2016, ada 6.000 aset temuan BPK yang belum ditindaklanjuti. Maka, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus melalukan pencatatan aset yang dimiliki Pemprov DKI secara berkala.


"Saya harus pastikan kerja sama dengan seluruh SKPD, karena ini bersinggungan pencatatan asset dan juga temuan yang ada di BPK. Yang belum ditindak lanjuti ada sekitar 6.000 semua harus dipastikan ada tindak lanjutnya," ujarnya.

Untuk mencapai targetnya, Sandi mengungkapkan WTP harus diberi perhatian khusus sehingga seluruh pihak bekerja secara transparan. SKPD juga wajib melaporkan capaiannya setiap pekan untuk dijadikan salah satu indikator key performance indicator (KPI) mereka.

"Saya akan buka secara transparan road to WTP, jadi akan kita lakukan setiap minggu capaiannya seperti apa dari aset temuan dan saya wajibkan SKPD betul-betul beri atensi khusus mengenai WTP ini, bisa jadi KPI," terang dia.

Sebelumnya, Anies telah menargetkan opini WTP terhadap laporan keuangan tahun 2017 dari BPK. Dia pun meminta Sandi untuk memimpin perbaikan-perbaikan untuk mencapai target tersebut.

"Tegas target kita WTP, karena itu harus kerja keras dalam penataan kembali soal keuangan dan soal aset karena di situ banyak sekali tantangan masalahnya," ujar Anies secara terpisah.

Sumber: Jawapos
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Berita

Blog Archive

Theme Support