March 1, 2017

Ini Agenda Raja Salman di Gedung DPR


Gema Indonesia - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI siap menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud. Sesuai yang direncanakan, Raja Salman akan menyampaikan pidato singkat di ruang rapat paripurna DPR, Kamis (2/3/2017) sekira pukul 13.00, sebelum bertolak ke Masjid Istiqlal di Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Berikut merupakan jadwal resmi kegiatan DPR dalam rangka penyambutan Raja Salman di Jakarta.

1. Pengecekan terakhir persiapan kedatangan Raja Arab Saudi

Paspampres beserta segenap tim protokol menyisir seluruh jalur yang akan menjadi rute masuk dan keluar rombongan Saudi. Ruang rapat juga disterlisasi, persiapan terakhir dimulai pukul 11.00 WIB.

2. Pemutaran film dokumenter kunjungan Raja Faisal ke Indonesia

Pertama kalinya ad tamu kehormatan dari Saudi ke Indonesia terjadi pada 10 Juni 1970. Kakak tiri Raja Salman, Raja Faisal bertandang ke Jakarta disambut Presiden Soeharto. Hal tersebut sudah berlalu 47 tahun, kini bak mengulang sejarah, Raja Salman kembali menyempatkan diri menyambangi sekutunya di dunia Muslim. Pada pukul 12.30, hadirin dipersilakan masuk. Menjelang datangnya Raja Salman dan rombongan ke mimbar, DPR rencananya akan bernostalgia dengan memutarkan dokumenter kunjungan Raja Faisal ke Indonesia.

3. Persiapan menyambut

Sekira pukul 12.55, pimpinan DPR, Ketua MPR dan ketua DPD meninggalkan ruang VIP. Ketua DPR didpingi Plt. Sekjen dan Kepala Biro Protokol DPR menjemput Raja Salman di pelataran gedung parlemen, tangga bawah lobi Nusantara II.

4. Ahlan Wa Sahlan Raja Salman

Jika berjalan sesuai rencana, Raja Salmam akan tiba di ruang rapat paripurna pukul 13.00. Setelah perkenalan dengan sejumlah petinggi dan menteri, Beliau akan terlebih dulu melakukan agenda bilateral.

5. Tandatangan Piagam

Pada pukul 13.02, Raja Salman akan duduk di meja yang sudah dipersiapkan di lantai dasar Gd Nusantara II untuk menandatangani piagam kedatangannya. Prosesi penandatanganan didampingi oleh Ketua DPR Setya Novanto.

6. Pidato

Usai penandatanganan, Raja Salman akan diajak menaiki lift khusus yang telah dipersiapkan dan dihiasi bunga menuju lantai 3 Gd Nusantara II. Di dalam ruang rapat paripurna, sudah menunggu kursi kebesaran yang dibawa langsung dari Riyadh untuk Raja Salman di atas mimbar.

Pada pukul 13.20 diperkirakan Raja Salman akan menyampaikan pidatonya selama 10 menit. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. Diharapkan pada pukul 13.30, Raja Salman dan rombongan sudah bisa meninggalkan DPR menuju Masjid Istiqlal.

Sumber: okezone.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Berita

Blog Archive

Theme Support