February 27, 2017

Pelaku Ledakan Bom di Bandung Beraksi Karena 'Terjepit'?

Polisi meminta pelaku penyerangan bom menyerah - bbc.com
Gema Indonesia - Pengamat terorisme Universitas Indonesia, Ridwan Habib, menilai bahwa serangan yang dilakukan 'sangat amatir', terutama dari rangkaian bahan yang digunakan serta sasaran yang dituju 'menunjukkan kelompok ini semakin desparete (putus asa)' dan 'kehilangan orientasi penyerangan'.
"Sekarang kalau tujuannya untuk eksistensi pun, menyerang taman kosong juga sesuatu yang menurut saya agak aneh," kata Ridwan.
Selain itu, bahan bom yang digunakan, casing, serta detonator, berupa panci dan pupuk urea -menurut Ridwan- amat sederhana yang menunjukkan keterbatasan logistik.
"Kader mereka juga sudah semakin sedikit karena yang melakukan aksi justru orang lama, yang pernah terlibat pada 2010," ujar Ridwan lagi.
Belum lagi dari pilihan lokasi yang dinilai Ridwan sebagai tidak memiliki unsur simbolik, bukan markas polisi, bukan penjara, bukan Istana. Lokasi serangan dianggap tidak efektif dalam menunjukkan eksistensi kelompok teroris di dunia internasional.
"Seperti orang dikejar target waktu, harus segera menyerang, sementara persiapannya minim, dan orangnya juga minim," kata Ridwan lagi.
Sumber: bbc.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Berita

Blog Archive

Theme Support