January 24, 2017

Cuitannya Dinilai Menghina Ulama, Pelawak Uus Dipetisi Warganet


Gema Indonesia - Setelah cicitannya di media sosial membuat gaduh dunia maya lantaran dinilai mengandung unsur SARA, pelawak tunggal Uus dikabarkan diberhentikan dari pekerjaannya di dua program televisi. Kedua program itu adalah ‘Inbox’ yang tayang di SCTV, serta Opera Van Java alias OVJ yang disiarkan oleh Trans7.


Tidak cukup sampai di situ, pemilik nama lengkap Rizky Firdaus Wijaksana itu kini juga ‘diserang’ netizen lewat satu petisi yang diunggah ke laman change.org. Dalam petisi yang berjudul ‘Boikot Uus Tampil di TV’ itu, sang penulis yang diketahui bernama Fathia Azkia meluapkan kekecewaannya kepada Uus.

“Saya tidak ingin lagi melihat Uus tampil di televisi, baik sebagai stand up komedian maupun host sebuah acara musik. Kenapa? Perilaku Uus yang seharusnya mencontohkan ciri publik figur yang baik, malah dinodainya sendiri dengan mengumbar pesan SARA disertai unsur kebencian. 

Bukan sekali, tapi sudah terlampau sering!” tulis Fathia pada petisi yang ia unggah pada Selasa (24/1) malam.

Fathia mengungkapkan, perilaku Uus di media sosial yang terkesan mendiskreditkan kaum Muslim bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, sang pelawak juga pernah mengunggah sebuah foto di akun Instagramnya, dengan keterangan mengkritik perempuan berhijab yang dikaitkan dengan etika. Unggahan tersebut pun sempat menuai hujatan dari para warganet.

Akan tetapi, hujatan dari kalangan netizen ketika itu tak cukup menghentikan ulah Uus yang kontroversial tersebut. 

“Yang terbaru dan yang tengah hangat, Uus kembali mengejek ulama besar sekaligus menyebut istilah ‘Islam radikal’ yang dianggapnya sebagai candaan,” kata Fathia lagi.

Petisi yang dibuat Fathia kali ini ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), komunitas stand up comedy, serta Front Pembela Islam (FPI). Hanya dalam waktu empat jam, petisi tersebut mampu memperoleh tanda tangan dari 5.418 netizen. Saat ini, petisi itu juga menjadi viral di medsos.

Sebelumnya, pelawak Uus melalui akun Twitter miliknya, @Uus__ sempat membuat cuitan yang dinilai menghina Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. Lewat akun medsos tersebut, Uus mengunggah salah satu foto spanduk yang dibawa oleh peserta ‘Aksi Bela Ulama’ di Mapolda Metro Jaya, beberapa waktu lalu. Pada spanduk itu terdapat kalimat “Sehelai Rambut Habib Rizieq Jatuh bukan berurusan dengan FPI, tapi dengan Ummat Islam.”

Foto spanduk itu lantas dikomentari Uus dengan bahasa yang bernada ejekan. “Shampo untuk Rizieq, viralkan! Bantu Rizieq beli shampo,” demikian cicitan Uus, Ahad (22/1) lalu.
“Aku kira pulo doang yang gadung. Ternyata ulama juga ada,” ungkap pria itu lewat cicitannya yang lain.

“Emang Rizieq Ulama? *boooooom*,” tulis Uus lagi, masih di akun Twitter yang sama.

Sumber: Republika

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Berita

Blog Archive

Theme Support