January 10, 2018

Inspiratif, Banyak Ilmuwan Menyerah, Pria Ini Justru Berhasil 'Hentikan Gurun' Dengan Teknik Tradisional

foto: trivia.id
Gema Indonesia - Yocouba, lelaki kelahiran Burkina Faso 58 tahun yang lalu berhasil membuat perubahan besar yang mengejutkan banyak orang dengan 'menghentikan gurun'. Lahan di desanya yang selama bertahun-tahun mengalami kekeringan dan kerusakan yang luar biasa kini telah menjadi hutan lebat dengan berbagai macam species tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Ya, dengan tangannya sendiri ia telah berhasil menghijaukan 20 hektar lahan yang banyak ilmuwan justru menyerah akan masalah kekeringan yang terjadi di lahan tersebut.


Dilansir dari trivia.id (07/01/18), berikut 5 fakta kehidupan inspiratif dari sosok Yacouba.

1. Tidak memiliki pendidikan tinggi

Berasal dari wilayah pedalaman dengan akses yang terbatas ke dunia luar, Yacouba kecil tentunya tidak bisa mengenyam pendidikan yang layak. Ia bersekolah di sebuah sekolah agama yang memprihatinkan—di mana terkadang anak-anak tidak bisa mendapatkan makanan yang cukup. Yacouba adalah yang paling muda dan berbadan paling kecil, sehingga ia kadang tidak kebagian makanan sama sekali.

2. Menghijaukan lahan dengan metode tradisional




Banyak ilmuwan yang menyerah akan masalah kekeringan di lahan utara Burkina Faso ini. Namun, Yacouba yang hanyalah petani biasa mencoba membalikan keadaan dengan mempraktikkan metode pertanian tradisional Afrika yang disebut “Zai”. Metode ini sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan peralatan yang mahal. Namun, memang agak ‘membingungkan’ karena dengan metode ini, lahan diklaim akan tumbuh kembali justru di musim kemarau.


3. Berupaya hanya dengan satu tema

foto: trivia.id
Metode “Zai” yang nampak aneh ini memang jadi tantangan tersendiri bagi Yacouba. Awalnya, Yacouba ditertawakan dan diejek oleh sesama petani maupun petinggi-petinggi pertanian yang ada di sana. Di tahun 1980-an. dengan hanya berteman Mathieu Ouedraogo, sesama petani lokal, Yacouba mencoba untuk bereksperimen dengan berbagai teknik rehabilitasi lahan hingga akhirnya menggunakan teknik “Zai” ini. Tak disangka, dalam 20 tahun, wilayah seluas 15 hektar yang semula kering bertransformasi menjadi hutan hijau yang menjadi rumah bagi setidaknya 60 spesies pohon.


4. Diliput dalam film dokumenter: The Man Who Stopped the Desert


Film dokumenter produksi tahun 2012 ini digagas oleh Mark Dodd. Publikasi besar-besaran lewat film dokumenter ini memang membuka mata banyak pihak, khususnya petani dari berbagai wilayah, tentang bagaimana cara menangani krisis. Donasi pun banyak mengalir untuk keberlangsungan usaha Yacouba. Namun, hal ini bukan akhir dari tantangan untuk Yacouba. Sebuah proyek perluasan wilayah mulai mengancam tanah yang ia tanami. Bahkan, sejumlah rumah sudah berdiri di lahan perjuangannya itu. Kini Yacouba tengah berjuang untuk mengumpulkan donasi demi membeli lahan ‘miliknya’ tersebut.


5. Melatih banyak petani baru


Sebuah tempat pelatihan dan workshop dibangun Yacouba di lahanya. Ia mengajar para pengunjung dari berbagai latar belakang yang berbeda. Ia mengharapkan tempat pelatihannya ini bisa menjadi titik awal penghijauan di berbagai wilayah. Hal ini tentunya tidak mudah. Namun, Yacouba meyakini bahwa jika seseorang bertahan di zona nyaman, ilmu milik orang tersebut tidak akan berguna bagi kemanusiaan.


Sumber: trivia.id


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Daftar Berita

Blog Archive

Theme Support